Bakal calon presiden Ganjar Pranowo memuji Presiden Joko Widodo alias Jokowi atas keberhasilannya mengambil alih PT Freeport melalui divestasi. Ia mengaku belajar dari Jokowi ihwal keberaniannya menunjukkan bahwa Indonesia bisa berdaulat.

Keberanian Jokowi itu disebut Ganjar salah satunya ditunjukkan melalui nasionalisasi PT Freeport Indonesia. Sejak pemerintah meneken kontrak karya dengan perusahaan tambang emas itu pada 1967, Ganjar menyebut tidak ada satu pun pemimpin yang mampu merebut kembali.

“Freeport berdiri dan tidak ada satu pun para pemimpin yang mampu mengambil alih, kecuali Jokowi,” kata Ganjar di kawasan Kelapa Gading Timur, Jakarta Utara, Sabtu, 10 Juni 2023.

Ganjar bercerita, Jokowi adalah sosok yang tidak pernah berteriak dan jarang menunjukkan kemarahan. RI 1 itu disebut Ganjar bisa membuat keputusan dengan jernih. “Bapak Ibu, itulah nyali sesungguhnya,” kata Gubernur Jawa Tengah tersebut.

Sebelumnya Jokowi sempat bercerita tentang sulitnya mengambil alih perusahaan tambang yang sahamnya dikuasai asing, seperti Freeport dan Blok Mahakam. Hal itu diungkapkan Jokowi saat menghadiri acara deklarasi alumni bersatu SMA di Jakarta di Istora Senayan, Minggu, 10 Februari 2019 lalu.

Jokowi menjelaskan, pemerintah berhasil mengambil alih sumber daya alam yang selama ini dikelola perusahaan asing.Di antaranya Blok Mahakam yang sebelumnya diolah oleh perusahaan Inpex dan Total.

“Kemudian akhir 2018, Freeport yang sudah dikelola 40 tahun lebih oleh Freeport Mcmoran sudah mayoritas sahamnya, kita kuasai sekarang ini 51,2 persen. Artinya saham pengendali ada di kita,” kata Jokowi.

Sebelumnya, Presiden Jokowi memuji Ganjar sebagai salah satu calon pemimpin yang punya nyali. Hal itu disampaikan saat ia menyampaikan wejangan kepada Ganjar di Rakernas III PDIP .

Jokowi sebut jadi pemimpin harus punya keberanian. “Kemudian kalau pemimpin ke depan seperti Ganjar Pranowo, yang paling penting itu nyali itu nomor satu, berani itu nomor satu,” katanya dalam konferensi pers, Selasa, 6 Juni 2023.

Bahkan Jokowi menyampaikan sosok pemimpin itu ada di diri Ganjar Pranowo. Jokowi merasa, poin wejangan soal pemimpin yang disebutnya itu ada di diri Ganjar. “Berani dan punya nyali dan Pak Ganjar itu punya,” ujarnya.

Source : Tempo

Share.
Exit mobile version