Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengatakan pemerintah telah memfinalisasi jumlah formasi atau lowongan untuk calon aparatur sipil negara (CASN) pada 2023. Total akan ada 1,6 juta formasi untuk CPNS ataupun PPPK.

“Usulan dari berbagai kementerian lembaga ya, dengan proyeksi formasi kurang lebih 1,6 juta,” Anas saat ditemui di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (17/5/2023).

Dari 1,6 juta formasi, pemerintahan daerah (pemda) sudah masuk mencapai 1.030.000. Anas mengatakan bahwa jumlah itu segera difinalisasi dan segera diajukan ke Menteri Keuangan Sri Mulyani.

“CPNS ini saya hari ini akan menandatangani surat usulan kepada menteri keuangan, surat usulan berdasarkan yang dikirim daerah, kurang lebih 1.030.000 orang formasi,” paparnya.

Sayangnya, Anas mengungkapkan bahwa pihaknya belum dapat memastikan waktu pembukaan seleksi. Pasalnya, dia mengatakan masih banyak diskusi untuk mengurusi penyelesaian rekrutmen tenaga honorer kategori (THK) 1 dan 2. Namun, untuk lowongan bagi para lulusan baru atau fresh graduate dipastikannya tersedia khusus.

“Jadi kita sedang diskusi intensif di samping kita menyelesaikan pr yang kemarin itu yang THK 2, THL 1, ini ada banyak usulan supaya fresh graduate ini dilibatkan, karena banyak anak-anak fresh graduate tapi tidak ada di dalam formasi,” kata Anas.

Dalam kesempatan ini, Anas berjanji bahwa pemerintah akan membuat formasi khusus bagi fresh graduate, tertama bagi pekerja di sektor digital.

Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Alex Denni menuturkan bahwa, untuk penetapan formasi CPNS akan diumumkan pada April 2023. Dengan begitu, pada kuartal III 2023 atau mulai Juni 2023 pengumuman pembukaan CPNS dan PPPK sudah bisa dimulai.

“Sudah ada kalender, target kita April sudah ada mulai penetapan formasi. Jadi target kita lebih awal dari tahun lalu. Tahun lalu kan baru Oktober kuartal III, sekarang kuartal II masuk formasi sudah ditetapkan dan kuartal III baru kita sudah mulai eksekusi,” ujarnya saat ditemui di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, dikutip Jumat (19/5/2023).

Asisten Deputi Perancangan Jabatan, Perencanaan dan Pengadaan SDM Aparatur Kementerian PANRB Aba Subagja menjelaskan alasan dibukanya formasi PNS di lingkungan pemerintah pusat karena adanya beberapa jabatan yang memang harus diisi oleh pegawai berstatus PNS. Karenanya tahun ini seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) akan dibuka untuk formasil CPNS dan PPPK.

“Kalau di pusat itu kenapa ada PNS karena ada beberapa jabatan yang basisnya harus PNS, kayak jaksa, intelijen, itu pun dilakukan secara terbatas,” tegasnya.

Sumber : CNBC

Share.
Exit mobile version